Pemkab Purbalingga Gelar Tarling di 18 Lokasi

Marhaban ya RamadhanPurbalinggaNews  – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Purbalingga kembali mengadakan kegiatan rutin setiap bulan puasa berupa tarawih keliling (tarling). Rencananya, kegiatan tarling akan bergulir mulai Rabu (8/6/2016) menyambangi 18 masjid dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Purbalingga.

Kepala Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra) Setda Purbalingga Muh. Nurhadi menuturkan pelaksanaan tarling kali ini ada yang berbeda dari kegiatan serupa sebelumnya. Tahun ini, Bupati Purbalingga melibatkan seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda), pimpinan Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD), Instansi vertikal, dan BUMD.

“Tim tarling dibagi dua yakni tim 1 dipimpin langsung oleh Bapak Bupati (Tasdi-red) dan tim 2 oleh Wakil Bupati (Dyah hayuning Pratiwi-red). Seluruh unsur pemerintahan diminta mendukung kegiatan ini,” katanya usai Rakor Persiapan Tarawih Keliling di Operation Room Graha Adiguna, Selasa (7/6).

Nurhadi melanjutkan, pada setiap putaran tarling, Bupati (tim 1) didampingi oleh Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Ketua PN, Wakil Ketua DPRD, Pj Sekretaris Daerah dan Staf Ahli Bidang Pembangunan. Disamping itu terdapat 32 kelompok pendamping yang terdiri dari pimpinan SKPD, instansi vertical, BUMN/BUMD dan Ketua Tim Penggerak PKK Purbalingga.

Sedangkan Wakil Bupati (tim 2) didampingi Wakil Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Lanud Wirasaba, Komandan Yonif 406/CK, Ketua Pengadilan Agama, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Pemerintahan, Asisten Administrasi dan Sekretaris DPRD. Kemudian 27 kelompok pendamping dan petugas pendamping lainnya.

Dalam pelaksanaanya, lanjut Nurhadi, empat kecamatan yang akan menjadi lokasi tarling putaran pertama dan putaran kedua akan diawali dengan buka puasa bersama dilokasi tarling masing-masing. Pada putaran pertama Rabu (8/6), Bupati Tasdi akan melakukan taraweh bersama masyarakat di Masjid Baiturrohim Desa Sanguwatang Kecamatan Karangjambu dan Wakil Bupati Dyah hayuning Pratiwi di masjid Baitussalam Desa Losari Kecamatan Rembang.

Sedangkan untuk Putaran kedua Jumat (10/6), Bupati tarling di masjid Baitussalam Desa Karangreja Kecamatan karangreja dan Wabup di masjid Al Azhar Desa Kramat Kecamatan karangmoncol.

“Khusus untuk tarling di Kecamatan Karangjambu, Rembang, Karangreja dan Karangmoncol rombongan tarling akan berangkat bersama-sama dari Pendopo Dipokusumo pukul 16.00 WIB.

Salurkan Bantuan

Seperti biasanya, dalam setiap pelaksanaan tarling, Bupati Purbalingga dan Wakil Bupati juga diagendakan menyerahkan bantuan kepada takmir masjid, guru ngaji dan TPQ. Bantuan dari Bupati masing-masing berupa 10 buah Mukena, 10 Sajadah, 10 sarung, 4 buah kipas angina dan 2 buah jam dinding. Bantuan juga berasal dari Tim Penggerak PKK berupa 5 buah mukena dan 5 buah sajadah serta Kantor Kementerian Agama berupa Al Quran masing-masing 10 buah.

Terpisah, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Purbalingga Imam Subijakto mengatakan, guna mendukung kegiatan tarling yang dilakukan pemkab Purbalingga, pihaknya menyiapkan dana zakat infak sodakoh (Zis) Rp 160.500.000. Dana tersebut akan dibagikan untuk 180 guru ngaji dan TPQ serta 462 petugas masjid.

“Masing-masing penerima manfaat diberikan bantuan Rp 250.000. Tiap kecamatan ada 10 orang guru ngaji atau TPQ. Sedangkan untuk petugas masjid jumlahnya berbeda-beda disesuaikan dengan jumlah desa yang ada,” jelasnya.

Bantuan untuk takmir masjid juga diharapkan datang dari kepala SKPD pendamping dan BUMN/BUMD. “Untuk pimpinan SKPD diharapkan memberikan bingkisan berupa barang. Pimpinan BUMN/BUMD berupa uang,” tambah Kepala Bagian Kesra Nurhadi. (Hardiyanto)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *